Soal Kemungkinan Rival Pilpres Masuk Kabinetnya Begini Penjelasan Calon Wapres Gibran Rakabuming

HALLOSURABAYA.COM – Calon Wapres Gibran Rakabuming Raka mulai buka suara terkait kemungkinan riival politiknya di Pilpres 2024 masuk ke Kabinet Prabowo – Gibran.

Gibran menyebut calon Presiden Prabowo Subianto akan menentukan susunan kabinet pemerintahannya, sementara Presiden Jokowi kemungkinan akan memberi masukan.

Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengatakan hal tersebut usai menghadiri silaturahmi dan buka puasa bersama di Kuningan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Gibran menyatakan tidak menutup kemungkinan akan ada partai politik dari kubu rival yang diajak bergabung dalam kabinet mendatang.

“Bisa jadi (partai rival bergabung),” katanya singkat.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (20/3/2024) malam, menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2024.

Baca artikel lainnya di sini : KPK Sita Aset Milik Mantan Gubernur Maluku Utara, Termasuk Hotel yang Siap Beroperasi dan 10 Bidang Tanah

Prabowo – Gibran mendapatkan total raihan 96.214.691 suara, sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara.

Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mendapatkan 27.040.878 suara.

Baca artikel lainnya di sini : Partai Persatuan Pembangunan Evaluasi Kinerja Badan Pemenangan Pemilu, Usai Gagal Masuk Senayan

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Pak Prabowo yang akan menentukan, ya. Mungkin (Presiden Jokowi memberi) masukan, tetapi penentuannya di Pak Prabowo, ya,” ucap Gibran.

Kendati susunan kabinet ditentukan Prabowo, ia mengaku juga akan dilibatkan dalam pembicaraan menggodok pemerintahan selanjutnya.

Gibran mengatakan pembicaraan itu sudah dimulai.

“Pasti (dilibatkan). Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin,” tambahnya.

Kendati demikian, Gibran enggan membeberkan sudah sejauh mana pembicaraan mengenai penyusunan kabinet tersebut.***

Artikel di atas juga sudah dìterbitkan di portal berita nasional, Apakabarindonesia.com

Sempatkan juga untuk membaca artikel menarik lainnya, di portal berita 24Jamnnews.com   dan Harianjayakarta.com

Untuk kebutuhan publikasi press release di portal berita ini, atau serentak di puluhan media online lainnya, dapat menghubungi Jasasiaranpers.com:

WhatsApp Center: 085315557788, 087815557788, 08111157788.